Khitan Laser vs Smart Klamp

Salah satu pertanyaan yang sering teralamatkan ke saya adalah, apa beda khitan laser dengan khitan smartklamp. Maklum, kedua metode ini memang cukup ngetren di kalangan masyarakat. Menggeser metode konvensional, yakni metode khitan dengan bedah dan jahit.

LASER

Istilah 'Laser' yang saat ini beredar di masyarakat,  sebenarnya istilah salah kaprah.  Laser di sini bukanlah Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, seperti yang kita kenal selama ini. Memang ada, khitan laser yang benar-benar menggunakan Laser CO2, tetapi setahu saya, khitan model ini hanya ada di beberapa rumah sakit besar di kota besar, dengan biaya sangat mahal.



Sementara, jenis khitan yang sering disebut laser yang saat ini beredar di masyarakat, adalah khitan dengan menggunakan eletrokauter yaitu elemen besi panas dari listrik, atau semacam solder yang dipanaskan.



Metode elektrokauter sebenarnya seperti khitan konvensional, namun proses memotong kulupnya dengan menggunakan elemen panas tersebut. Jadi, tetap ada proses penjahitan dan ditutup perban. Khitan dengan menggunakan alat ini berlangsung cepat, akan tetapi menimbulkan bau daging terbakar yang disebabkan karena luka bakar. Juga harus diperhatikan betul, bahwa alat ini dalam kondisi yang baik, karena jika terjadi konsleting, maka bisa terjadi sengatan setrum dari arus listrik yang tentunya berbahaya bagi pasien.

Saya sendiri kurang merekomendasikan pemakaian alat ini. Zaman nabi dahulu, terdapat satu jenis pengobatan yang disebut dengan KAY, atau menempelkan besi panas. Rasulullah SAW tidak menganjurkan pengobatan dengan KAY, sebagaimana sabdanya, 

الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ

Terapi pengobatan itu ada tiga cara, yaitu; berbekam, minum madu dan kay (menempelkan besi panas pada daerah yang terluka), sedangkan aku melarang ummatku berobat dengan kay (HR Bukhari).

Jika dilihat, pengobatan dengan KAY ini prinsipnya mirip dengan khitan menggunakan elektrokauter. Wallahu a'lam.

SMART KLAMP 

Adapun pada metode khitan smartklamp, pelaksanaannya menggunakan semacam alat yang berbentuk klamp.


Alat ini akan dipasangkan pada kulup penis yang sudah dibersihkan, lalu dijepit, baru dipotong dengan pisau bedah. Alat ini akan terus terpasang sampai luka menjadi kering, dan baru dilepas beberapa hari kemudian, sehingga tak perlu menggunakan penjahitan dan ditutup dengan perban. Hasil khitan, secara kosmetik smartklamp lebih rapi.
Detail tentang khitan Smartklamp bisa dibaca DI SINI!


___________________________________
Kami juga menerima pembelian alat Alisklamp khusus untuk dokter yang membuka jasa khitan model Alisklamp.  Hub  0815-4866-9987/ Pin BB 5B11B2B2

Baca juga

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khitan Laser vs Smart Klamp"

  1. Assalamualaikum..

    Terimakasih dokter, sudah kasih info penting seputar khitan. Selama ini memang lebih banyak yang minta di khitan dengan metode electrocautery. Untuk yg metode klamp mungkin masih awam buat masyarakat.
    Jika diijinkan bolehkah menimba ilmudi SKC dok.?
    Kebetulan saya pernah jadi anak buah jenengan saat di RS PKU Muh Solo. Hehe
    Terimakasih dok.

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar Anda