Khitan Itu Tak "Sakit", Hanya "Terasa"

Bersenda-gurau saat proses khitan berlangsung
Para orang tua sekalian... sebelum memulai khitan, kami sering menekankan kepada pasien-pasien kecil kami tentang bedanya "sakit" dan "terasa" saat proses khitan berlangsung. Konsep dasar ini perlu ditekankan dan dipahamkan berkali-kali kepada putra-putra Anda yang akan dikhitan, agar proses khitan berjalan lancar, anak lebih tenang dan "tatag" dalam menjalaninya.

Sebelum proses pembuangan kulup (kulit atas penis), pasien akan terlebih dahulu disuntik bius pada penisnya. Jika ada kesakitan dalam proses khitan, sebenarnya hanya saat disuntik ini. Rasa sakitnya relatif ringan. Bapak dan Ibu yang ingin memotivasi putranya bisa mengingatkan si putra saat diimunisasi. Misalnya, "Mas Ardi pernah imunisasi kan? Sakit nggak? Nggak kan? Seperti digigit semut aja kan?"

Setelah bius bekerja, kami baru mulai melakukan proses khitan. Nah, pada saat ini, sebenarnya pasien tidak merasa sakit, tetapi terasa. Ya, gerak-gerak kami dalam membedah kulup, memasang alat (alisklamp) dan memotong kulup memang dirasakan oleh anak. Tetapi mereka tidak sakit. Hanya saja, karena mereka mungkin sudah sangat tegang, biasanya sedikit sentuhan saja sudah mengagetkan dan mereka akan berteriak, bukan karena sakit tapi karena panik.

Sembari bergurau, kami sering mengatakan kepada mereka, "Jika sudah dibius, mau ditembak, mau dibom, mau dipukul tidak sakit, cuma... TERASA! Seperti ketika pipimu di ditekan itu lho, terasa kan? Tapi kan nggak sakit?"

Jadi, sebenarnya, jika anak menjalani proses khitan dengan tenang, tak akan ada jerit-jerit ketakutan dan kesakitan. Saat disuntik bius, anak bisa sedikit menahan sakit, tapi sakitnya juga tidak luar biasa. Sebagian besar pasien kami pun menjalani proses khitan dengan tenang. Bahkan ada yang kaget, karena tak dinyana, khitan berlangsung dengan sangat cepat.

Nah, saat efek bius sudah hilang, biasanya pasien akan merasa nyeri. Untuk itu, kami sudah menyediakan obat-obat penghilang nyeri. Berikan obat itu sesuai dengan dosis dan waktu yang sudah kami anjurkan.

Jadi, khitan sebenarnya tidak sakit lho... cuma terasa.

Baca juga

SHARE

SOLO KHITAN CENTER

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda,saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai berbagai macam video yang bisa anda kunjungi di Sini

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar Anda