Widget HTML #1

5 Tips Agar Luka Khitan Atau Sunat Cepat Sembuh


Khitan sudah pasti menimbulkan luka. Sebab, proses khitan pada prinsipnya adalah menghilangkan kulit  kulup atau preputium pada penis anak lelaki. Dalam bahasa medis, khitan lebih dikenal dengan nama sirkumsisi. Namanya luka, pasti butuh proses untuk penyembuhan. 

Kapan luka benar-benar sembuh? Menurut teori, diperlukan waktu sekitar 2-3 minggu agar luka benar-benar kering dan sembuh. Namun begitu, ada kondisi-kondisi tertentu yang bisa menghambat penyembuhan luka pasca khitan/sunat. Misal infeksi, aktivitas fisik yang berlebih sehingga muncul perdarahan, dan sebagainya.

Bagaimana agar luka bisa cepat sembuh sesuai dengan lazimnya? Ada beberapa tips.

1. Minum Obat Secara Teratur

Setiap khitan atau sunat, pasti diberi obat oleh dokter. Biasanya berupa penghilang nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi. Nah, minumlah obat sesuai dengan anjuran dokter. Jika ada alergi obat, komunikasikan dengan dokter yang mengkhitan atau melakukan sunat.

2. Makan Makanan Bergizi dan Tinggi Protein

Makanan bergizi, khususnya protein, akan mempercepat penyembuhan luka pasca khitan/sunat. Sumber-sumber makanan kaya protein antara lain ikan (laut atau tawar), telur, daging, susu, biji-bijian dan sebagainya. Jangan justru pantang dengan makanan amis, sebab makanan yang dianggap berbau amis ini justru biasanya kaya dengan protein.

Baca juga: 3 Hoax Seputar Khitan, Ayo Pahami!

3. Tidak Terlalu Banyak Aktivitas Fisik

Bergerak berlebihan bisa berbahaya, karena bisa memicu bengkak pada bagian yang luka, yang membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama. Memang tetap harus gerak, alias jangan tiduran terus menerus, tetapi proporsinya tidak berlebihan.

4. Melakukan Perawatan yang Tepat Pasca Khitan

Perawatan luka pasca khitan/sunat, berbeda-beda sesuai dengan jenis atau metodenya. Pada khitan dengan alisklamp atau smartklamp, yakni metode yang kami pakai, perawatan relatif lebih mudah. Karena penis terlindung oleh cincin yang dipakaikan kepada pasien.

5. Kenakan Pakaian yang Longgar dan Melindungi Luka

celana khitan

Pakailah pakaian yang longgar, nyaman dan kalau bisa melindungi luka (seperti celana khusus khitan). 

Demikian 5 tips agar luka khitan atau sunat cepat sembuh. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Tips Agar Luka Khitan Atau Sunat Cepat Sembuh"